Cara Mengendalikan Stress Yang Ampuh dan Efektif

Stres merupakan gangguan mental yang dialami oleh seseorang akibat adanya tekanan baik dari dalam diri sendiri atau lingkungannya. Tekanan tersebut biasanya muncul karena adanya faktor kegagalan seseorang dalam memenuhi kebutuhan atau apa yang menjadi keinginannya. Para ahli memberikan definisi yang berbeda-beda pada makna stres. Ada yang mengartikan stres sebagai respon nonfisik pada sebuah tuntutan. Ada juga yang memberikan definisi stres sebagai ketidakseimbangan antara tuntutan fisik dan psikis. Demikian juga cara mengendalikan stress. Yang mana cara mengendalikan stress yang ampuh dan efektif?

Stres dapat terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Pada kondisi tertentu stres ini tidak membahayakan. Apalagi jika yang mengalaminya mampu bangkit dan menjadikan stres sebelumnya sebagai motivasi untuk hidup lebih baik. Namun, pada beberapa orang terjadi stres berkepanjangan yang dapat menyebabkan kesehatan fisik menurun. Biasanya disebabkan karena pola makan tidak teratur, pola hidup menjadi sembarangan sehingga akhirnya muncullah sebuah penyakit. Stres yang tidak dikelola dengan baik dapat menumbuhkan jenis penyakit fisik lainnya. Orang yang mengalami stres berkepanjangan biasanya akan mengalami gangguan pencernaan dan sistem reproduksi. Kondisi ini membutuhkan cara mengendalikan stress yang tepat supaya tidak berkepanjangan.

Jangan anggap remeh stress karena berdampak luas pada kesehatan tubuh Anda. Dampak stress mulai dari suka marah-marah tak jelas, resiko jatuh sakit, gangguan hubungan suami-istri, mempercepat penuaan, merusak gigi dan gusi karena tekanan rahang ketika menahan emosi, sakit jantung, berat badan meningkat jika pengalihan stress kepada makanan, sulit konsentrasi yang mengganggu pekerjaan, bahkan sampai kepada dampak menurunkan daya tahan tubuh. Dampak stress pada tubuh akan beragam, mulai dari respon sistem saraf pusat, sistem pencernaan, sistem kardiovaskular, sistem imun, sistem pernapasan, sistem otot, bahkan sistem reproduksi yang akan mengganggu hubungan suami istri.

Ketika kondisi stress, sistem saraf pusat merespon stress dengan memberikan perintah melalui hipotalamus kepada kelenjar adrenal agar melepaskan hormon adrenalin dan kortisol. Lalu hati akan merespon dengan menghasilkan gula dalam darah sebagai energi tambahan. Gula yang tidak terserap akan meningkatkan gula dalam darah yang berdampak diabetes. Kondisi ini juga mengakibatkan detak jantung lebih cepat bekerja. Jika stress terkendali, maka sistem saraf pusat akan melakukan perintah secara normal yang membuat kondisi tubuh kembali normal.

Cara Mengendalikan Stress Yang Ampuh dan Efektif
I am stress and not happy

Gejala Stres

Jangan asal mengatakan orang stres jika ternyata tidak memenuhi gejala-gejala dari berbagai aspek berikut ini:

  1. Gejala Emosi
    Secara emosi stres dapat memicu beberapa sikap seperti sedih berkepanjangan, marah, hilang kendali, bingung, merasa kesepian, rendah diri dan sejenisnya. Hal ini muncul dan terlihat sangat kuat dalam diri orang yang mengalami stres.
  1. Gejala Fisik
    Stres juga bisa ditandai dengan beberapa keluhan fisik seperti pusing, migrain, mual, diare, gangguan hasrat seksual, jantung berdebar, nyeri otot, gemetar, kaki dan tangan terasa dingin, dan pada wanita dapat berpengaruh pada menstruasi.
  1. Gejala Kognitif
    Bisa ditandai dengan sikap lupa, sulit fokus, pesimis, pandangan negatif dan berakhir pada pengambilan keputusan yang negatif.
  1. Gejala Prilaku
    Bisa dilihat dari sikap tidak mau makan, terlalu banyak makan, gugup, menggigit kuku, mengonsumsi alkohol, mengonsumsi rokok, melepaskan tanggung jawab dan sebagainya.

Penyebab Stres

Stres umumnya disebabkan karena adanya masalah yang dialami oleh seseorang. Jenis masalah beragam sesuai dengan latar belakang kehidupan seseorang. Penyebab stres tidak sama antara satu orang dengan yang lainnya. Ada orang yang bisa bertahan tidak stres karena masalah ekonomi misalnya, tetapi ada juga yang hanya karena masalah kecil kekurangan biaya menjadi stres.

Stress dapat berasal dari lingkungan kerja. keluarga, sekitar tempat tinggal, hubungan dengan pacar atau pasangan, pertemanan, perjalanan atau apapun yang membuat pikiran Anda sedikit tidak sesuai dengan kondisi yang dihadapi.

Hal yang paling sering menjadikan seseorang stres dalam kehidupannya di antaranya adalah:

  1. Gagal mendapatkan jabatan yang diinginkan
  2. Kehilangan orang yang sangat dicintai
  3. Kehilangan harta dalam jumlah besar
  4. Hubungan suami istri yang tidak harmonis
  5. Masalah keluarga yang berat
  6. Tak kunjung mendapatkan pekerjaan
  7. Mendapatkan vonis jenis penyakit tertentu
  8. Menjadi korban pelecehan seksual, dan sebagainya.

Masalah kehidupan seringkali menjadi penyebab stres. Memang hidup tak ada yang bebas dari masalah, tetapi bagaimana kita bisa mengatasinya agar tidak berada dalam kondisi stres yang berkepanjangan.

Cara Mengendalikan Stress

Siapa orangnya yang mau stres dengan masalah kehidupan, tetapi kadang-kadang ketidakmampuan diri kita dalam menghadapi masalah membuat kita akhirnya mengalami stres dalam hidup. Stress terkadang menyebabkan kita lupa merawat diri. Sebelum stres Anda alami, lakukan beberapa hal berikut ini sebagai cara mengendalikan stress untuk membuat diri Anda lebih kuat:

Cara Mengendalikan Stress Yang Ampuh dan Efektif_640
Stress terkadang menyebabkan kita lupa merawat diri
  1. Proporsional dalam memandang sesuatu, jangan berlebihan, jangan lebai, semua orang di dunia ini punya masalah, bukan hanya diri Anda. Lihatlah masalah orang lain yang jauh lebih berat dibanding kehidupan Anda.
  2. Dekatkan diri Anda dengan Tuhan. Hal ini sudah pasti, perbanyak ibadah. Saat masalah datang, kembalikan semua urusan kepada Tuhan. Dalam Islam misalnya disebutkan, kalau Anda bertakwa kepada Allah dan bertawakkal atas masalah yang dihadapi, maka Allah akan memberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka, termasuk solusi atas masalah Anda. Jadi cara terbaik adalah mengembalikan semuanya kepada Tuhan.
  3. Berdoa kepada Tuhan agar segera dibebaskan dari masalah. Setelah berdoa Anda akan merasakan ketenangan dalam diri. Serahkan semua masalah kepada Yang Maha Kuasa.
  4. Bertemanlah dengan orang yang solutif. Cukup ceritakan masalah Anda pada satu orang yang bisa dipercaya, jangan biasakan curhat pada banyak orang apalagi di sosial media. Curhatlah kepada orang yang kira-kira bisa memberikan solusi, menjaga rahasia dan peduli dengan Anda.
  5. Bila Anda merasa tak memiliki siapapun yang bisa Anda percaya, datanglah kepada konsultan keluarga. Ada yang bersifat sosial dan ada juga yang profesional berbayar. Di sini masalah Anda akan dibantu solusinya harus khawatir orang lain tahu dengan masalah Anda. Selain itu, seorang konsultan biasanya juga akan membantu Anda untuk relaksasi dari masalah, lebih tenang dan bisa mengambil keputusan yang bijak.
  6. Konsumsi makanan sehat, buah, sayur, air putih dan tetap usahakan tidur walaupun sebentar. Hal ini agar kesehatan fisik Anda tetap terjaga.
  7. Berolahraga ringan seperti berjalan, lari-lari kecil sambil melihat lingkungan sekitar Anda.

Hubungan Stress dan Kesehatan Organ Tubuh “fight or flight”

Dr. Diana Gal dari Doctor4u Yahoo United Kingdom menyebutkan bahwa stress dapat menyebabkan kematian. Masalah utamanya adalah bagaimana kita cara mengendalikan stress agar stress tidak membuat kondisi makin buruk dan berujung pada kematian. Ketika kita berudaha mengendalikan stress, maka tubuh akan bereaksi melalui hormon-hormonnya dengan mengirim sinyal “fight or flight”. Bertahan atau biarkan.

Stress tidak membuat bahagia. Tak bisa dipungkiri, kondisi emosi yang sedang dalam masalah apalagi dibiarkan dalam jangka waktu yang lama jelas akan memberikan dampak negatif pada kesehatan organ fisik. Secara ilmiah pun hal ini sudah dilakukan penelitiannya di Finlandia sebagai negara dengan penduduknya paling bahagia di dunia. Ditemukan hubungan yang kuat antara kondisi emosi seseorang dengan kesehatan fisik organ-organnya.

Saat Anda mengalami stres, segera netralkan kondisi emosional Anda agar lebih tenang. Apabila kondisi ini berlanjut dalam jangka waktu lama maka akan terjadi yang dikatakan dengan istilah depresi. Depresi ini lebih berat dari stres. Bisa terjadi selama berbulan-bulan yang dapat menggangu kesehatan fisik seseorang, hubungan sosial dan pergaulan. Seseorang mungkin akan menghilang tidak mau bertemu orang, tidak mau makan dan sejenisnya saat mengalami depresi yang berat.

Bila hal ini berlanjut, kondisi kesehatan organ tubuh bisa terganggu. Berbagai jenis penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan dan reproduksi bisa saja muncul akibat dari kondisi emosional di awal yang tidak terkontrol. Apakah Anda ingin hal ini terjadi? Segera temukan solusinya saat Anda mengalami stres.

Terapi Pengobatan Energi Ilahi untuk Solusi Masalah Stres

Bagaimana jika telah melakukan berbagai cara mengendalikan stres tetapi kondisi tidak juga berubah? Stres dalam hidup memang terkadang tak bisa dihindari, tetapi bagaimana Anda membuat diri Anda selalu kuat tidak mengalami stres juga penting dilakukan. Sebuah terapi bernama Energi Ilahi kini hadir untuk Anda yang sering mengalami stres dalam hidup. Terapi dengan menggunakan konsep penyaluran energi dari luar tubuh ke dalam tubuh seseorang ini membantu Anda mengontrol kondisi emosi agar lebih stabil.

Dalam konsep pengobatan energi ilahi ini diyakini bahwa setiap benda di alam semesta ini mengalami energi, termasuk tubuh dan organ-organnya. Kondisi ketika Anda stres salah satunya diakibatkan karena kondisi energi tubuh Anda sedang lemah, aura tubuh Anda sedang tidak bagus maka dilakukanlah penyaluran energi dari luar oleh seorang terapis.

Energi tubuh yang sudah stabil akan membuat kondisi emosi juga kembali baik. Cara ini didukung juga dengan konsep meditasi ringan yang bisa dilakukan pasien. Anda bisa berlatih meditasi mengakses energi dari luar tubuh untuk mengobati diri Anda dan orang lain. Meditasi yang diawali dengan relaksasi ini akan membawa Anda mampu menembus dimensi yang lebih tinggi di alam semesta ini untuk Anda menemukan energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Terapi energi ilahi ini memiliki beberapa keunggulan dibanding pengobatan lainnya, di antaranya:

  1. Mampu mengobati penyakit fisik dan nonfisik
  2. Tidak sakit, tidak operasi dan tidak membuat Anda trauma
  3. Mudah dilakukan, terapi bisa dilakukan melalui kontak langsung maupun jarak jauh.
  4. Biaya lebih murah dan cara lebih mudah
  5. Anda bisa belajar konsep terapi ini untuk mengatasi masalah stres diri Anda sendiri
  6. Cocok untuk Anda yang merasa trauma dengan operasi atau minum obat berkepanjangan.

Jika telah melakukan berbagai cara mengendalikan stres tetapi kondisi tidak juga berubah, maka konsultasikan penyakit stress dan segala jenis keluhan penyakit Anda, baik fisik maupun nonfisik. Nantinya terapis akan membantu Anda melalui terapi yang akan Anda jalani. Konsultasikan dan sampaikan apa yang Anda rasakan dan bila Anda memang benar-benar ingin sembuh dengan teknik pengobatan ini. Cukup satu syaratnya, Anda harus percaya bahwa cara pengobatan ini akan mampu menyembuhkan keluhan penyakit yang Anda rasakan. Selamat berusaha untuk sembuh, terapi energi ilahi akan membantu Anda hidup lebih sehat dan bahagia. Salam Sehat.

form konsultasi terapi energi ilahi klik disini