Penyakit Saraf Kejepit Tak Perlu Operasi

Penyakit saraf kejepit atau sebagian menyebutnya sebagai saraf terjepit (pinched nerve) dalam istilah medis dikenal dengan nama Herniated Nukleus Pulposus (HNP), yakni kondisi sakit yang terjadi akibat bantalan tulang belakang bergeser dan menekan bagian saraf dari tulang belakang tersebut. Kondisi ini seringkali terjadi secara tiba-tiba. Tanpa adanya sebab yang jelas timbul rasa sakit pada bagian tubuh tertentu seperti tengkuk, punggung, kaki, dan tangan. Rasa nyeri, sakit, bengkak hingga kebas dirasakan dalam tempo waktu berbulan-bulan. Jangan sepelekan rasa sakit ini segera periksakan atau datanglah ke tukang pijat saraf lebih dulu.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online dari Kemdikbud disesuaikan dengan ilmu kedookteran dijelaskan bahwa saraf adalah jaringan yang mengatur kerja sama dan menyalurkan rangsangan dari dan ke alat-alat tubuh. Sedangkan syaraf lebih merujuk kepada kata saraf. Saraf dalam bahasa Arab sesuai KBBI tersebut juga memiliki arti perubahan kata-kata. Jadi penyebutan lebih tepat Penyakit Saraf Kejepit dibandingkan Penyakit Syaraf Kejepit.

Akibat saraf terjepit akan membuat penderita susah bergerak bahkan lumpuh sesaat sampai lumpuh total jika penyakit tersebut semakin kronis. Kondisi hubungan suami istri pun akan terganggu karena penyakit saraf terjepit dapat mempengaruhi “peralatan hubungan suami-istri” khususnya “peralatan pria“. Jangan sampai penyakit ini membatasi seluruh gerakan Anda.

Saraf terjepit lebih banyak terjadi pada pria daripada wanita berumur 30 tahun ke atas walaupun ada penderita di bawah umur 30 tahun. Umumnya menyerang bagian lumbal pada tulang belakang khususnya ruas lumbal L4 dan L5 maupun sacral S1.

Penyakit Saraf Kejepit Tak Perlu Operasi 2

Gejala Saraf Kejepit

Penyakit saraf terjepit atau Herniated Nukleus Pulposus (HNP) atau Potrusi Diskus Intervertebralis (PDI) dapat terjadi di sepanjang tulang belakang dari ekor sampai ke leher, sehingga penyakit saraf terjepit terjadi di cervical (tulang leher), bagian lumbal atau lumbar (pinggang) dan thoracal (punggung atau dada). Umumnya penyakit syaraf kejepit terjadi di bagian cervical (tulang ekor) dan bagian lumbal (pinggang), saraf terjepit di leher sangat jarang terjadi.

Bila Anda merasakan kombinasi gejala rasa sakit pada bagian tubuh seperti berikut ini, jangan tunggu lama, segera periksakan diri Anda ke dokter atau ke tukang urut saraf. Berikut ini gejala rasa sakitnya:

  1. Rasa panas seperti terbakar di pusat titik saraf yang sakit, di antaranya bagian leher, punggung atas dan lainnya.
  2. Rasa kebas diikuti rasa sakit seperti ditusuk-tusuk jarum
  3. Terjadi pembengkakan di bagian dalam
  4. Rasa nyeri menyebar ke bagian tubuh lainnya, misalnya dari leher ke tangan kiri dan kanan.
  5. Lama kelamaan bagian tangan atau kaki seperti mengalami mati rasa, tidak bisa merasakan sensasi dingin, panas dan sejenisnya.
  6. Kemampuan organ seperti tangan tidak berfungsi, sulit memegang sesuatu dan tidak bisa mengangkat beban lebih dari satu kilogram.
  7. “Peralatan pria” tidak berfungsi.
  8. Rasa sakit terjadi siang dan malam sehingga membuat si penderita tidak bisa tidur.

Rasa sakit dengan gejala-gejala seperti disebutkan diatas terjadi karena kondisi bantalan tulang mengalami kejut berlebihan atau trauma ataupun karena adanya kerusakan bantalan tulang yang menonjol keluar dan menekan saraf di sepanjang tulang punggung.

Penyebab Penyakit Saraf Kejepit

Saat ini penyakit kejepit menjadi salah satu penyakit yang paling umum dikeluhkan orang. Bukan hanya orang tua, mereka yang masih muda pun dapat mengalami masalah ini.

Apa saja faktor penyebab terjadinya penyakit ini? Berikut di antaranya:

  1. Berat Badan Berlebihan

Kondisi berat badan berlebihan menjadi salah satu pemicu paling sering terjadi pada mereka yang mengalami masalah penyakit saraf terjepit. Namun, bukan berarti mereka yang kurus tidak bisa mengalami penyakit ini. Salah satu terapi untuk penyembuhan saraf terjepit karena kelebihan berat badan adalah diet menurunkan berat badan. Kondisi tumpukan daging dan lemak yang banyak dalam tubuh membuat tekanan berlebihan pada bantalan tulang sehingga menjepit sistem saraf.

  1. Kerja Berat ataupun Monoton

Mereka yang bekerja berat di lapangan cukup berisiko mengalami penyakit saraf kejepit. Kuli bangunan, kuli panggul, pengakut beban atau pekerja lainnya yang sehari-harinya mengangkat beban dalam jumlah berat juga berisiko mengalami penyakit ini.

  1. Olahraga Berlebihan

Bagi orang tua yang jarang berolahraga pastikan saat akan berolahraga melakukan pemanasan dengan baik. Gerakannya terarah dan jangan dipaksakan. Banyak kondisi orang yang jarang olahraga tiba-tiba melakukan olahraga tidak terkontrol akhirnya malah bermasalah dengan saraf. Olahraga sesuai aturan dan tahapannya agar kondisi otot dan saraf di tubuh Anda bisa menerimanya.

  1. Gerakan atau Aktivitas Terus Menerus secara Monoton

Misalnya mereka yang menjinjing tas kantor ataupun ransel yang berat setiap hari, ataupun duduk terus menerus sambil memikul sesuatu dan sejenisnya. Risikonya akan semakin besar bila berat badan Anda berlebihan. Masalah yang terjadi bukan hanya pada bagian otot tetapi juga akan mengenai sistem saraf pada tubuh. Selain dapat terjadi pada pekerja berat, penyakit ini dapat juga terjadi pada orang yang bekerja dengan gerakan monoton secara terus menerus pada pinggang, punggung dan bahu. Pekerja kantoran yang kebanyakan duduk di kursi tanpa banyak gerakan lain juga perlu hati-hati jangan sampai menderita penyakit yang sangat menyiksa ini.

Penyebab Penyakit Saraf Kejepit
Penyebab Penyakit Saraf Kejepit

Bahaya Penyakit Saraf Kejepit

Jangan anggap remeh saraf kejepit. Bila Anda merasakan rasa sakit yang tidak nyaman di bagian tubuh tertentu mulai dari ekor sampai leher, segera datang dan periksa ke dokter. Kondisi saraf kejepit yang dibiarkan terus menerus akan menyebabkan kelumpuhan, mati rasa dan organ yang tidak bisa digerakkan lagi. Terjadi pengapuran pada sistem persendian sehingga tidak bisa digerakkan lagi. Jika hal ini terjadi, kehidupan serasa tidak ada artinya lagi. Apalagi jika Anda adalah “tulang punggung keluarga” yang mengalami masalah di tulang punggung ataupun tulang belakang. Keluarga masih sangat membutuhkan Anda. Segeralah mencari jalan untuk penyembuhannya.

Cara Menyembuhkan Saraf Kejepit

Cara mengobati saraf kejepit dapat dilakukan secara medis maupun medis, tergantung tingkat keparahannya. Melalui medis biasanya akan dilakukan pengobatan fisioterapi dan konsumsi obat penahan nyeri. Pada kondisi tertentu disarankan melakukan operasi. Namun, cara ini cukup berisiko. Ada beberapa cara penyembuhan yang bisa kamu lakukan tanpa menjalani operasi yang besar risikonya tersebut:

Penyakit Saraf Kejepit Tak Perlu Operasi 1280
Penyakit Saraf Kejepit Tak Perlu Operasi
  1. Pijat Saraf

Salah satu teknik penyembuhan luar yang paling efektif untuk penderita saraf terjepit adalah datang ke ahli pijat saraf untuk diurut. Rasa sakitnya memang sangat kuat saat diurut, tetapi jika dilakukan rutin akan sangat terasa berkurangnya rasa sakit yang sering dikeluhkan. Biasanya diberikan juga obat yang bisa dikonsumsi untuk penyembuhan bagian dalam. Termasuk obat luar semacam minyak untuk membantu mengurangi rasa nyeri. Terapi bisa dilakukan seminggu tiga kali, tergantung tingkat keparahan.

Penting diperhatikan, pemberian obat saraf kejepit ini juga perlu memperhatikan penyakit lain yang dialami pasien. Misalnya memiliki riwayat hipertensi, diabetes dan sejenisnya, maka jenis obatnya pun harus disesuaikan. Jika tidak biasanya akan menyebabkan peningkatan kadar gula, tensi dan lainnya.

Masalahnya, tidak semua ahli pijat mengerti cara menyembuhkan penyakit saraf kejepit.

  1. Mengonsumsi Gamat

Teripang laut disarankan dikonsumsi oleh penderita saraf kejepit untuk membantu memperbaiki kondisi otot dan saraf yang bermasalah. Jenis gamat gold banyak dijual di pasaran. Minum secara teratur untuk merasakan rasa sakit yang berkurang secara bertahap.

Cara Lain Menyembuhkan Saraf Terjepit

Lakukan Diet Menurunkan Berat Badan. Bila tubuh Anda gemuk saat ini, sambil terapi penyembuhan juga perlu diet mencapai berat badan ideal. Selain itu, jangan melakukan gerakan seperti mengangkat, mendorong atau tidur dengan posisi tangan di kepala. Kondisi ini mempersulit perbaikan saraf yang sedang diterapi secara bertahap.

Cara lain menyempuhkan penyakit saraf kejepit :

  1. Istirahat yang banyak
  2. Ubah posisi tubuh
  3. Ubah posisi kerja
  4. Peregangan otot
  5. Meditasi
  6. Pijat Urut yang tepat
  7. Gunakan alat bantu splint
  8. Angkat kaki sekitar 45 derjat pada posisi tubuh berbaring
  9. Komres dingin atau panas
  10. Ubah gaya hidup Anda

Perhatikan Emosi Anda

Tahukah Anda, segala jenis penyakit yang dirasakan secara fisik kebanyakan diawali dari masalah nonfisik emosional yang dirasakan seseorang. Saat kondisi emosional bahagia, maka tubuh cenderung juga akan merespon positif dengan rasa sehat. Sebuah riset yang dilakukan di Finlandia menyebutkan, terdapat hubungan yang penting antara kondisi  emosi seseorang dengan kesehatan organ fisiknya. Mereka yang emosinya dalam kondisi negatif cenderung akan mengalami masalah penyakit fisik aneka jenis sesuai dengan masalah emosi yang dialami.

Salah satu proses terapi penyembuhan saraf kejepit adalah bagaimana mengembalikan kondisi emosional Anda agar lebih positif, pikiran lebih tenang dan tubuh pun secara fisik dapat merasakan hal yang lebih baik.

Terapi Energi Ilahi untuk Penyembuhan Penyakit Saraf Kejepit Tanpa Operasi

Penyakit saraf kejepit dapat disembuhkan tanpa operasi. Operasi microdiskectomy adalah operasi terhadap penderita penyakit syaraf terjepit dengan cara menyingkirkan benjolan pada bantalan tulang yang rusak tanpa mengambil keseluruhan bantalan. Sedangkan penyembuhan penyakit saraf kejepit non-pembedahan dapat dilakukan melalui metode fisioterapi maupun terapi energi ilahi. Kesemuanya metode itu tetap menyarankan kepada penderita agar menghindari kegiatan berat yang bertumpu pada punggung dan pergerakan pinggang yang berlebihan.

Bila Anda lebih memilih pengobatan terapi energi ilahi untuk menyembuhkan penyakit saraf kejepit, Anda bisa coba berkonsultasi dengan terapis pengobatan energi ilahi. Sebuah teknik terapi penyembuhan penyakit dengan konsep menyalurkan energi ke dalam tubuh yang sedang mengalami penyakit.

Pengobatan ini berprinsip, setiap benda di alam semesta ini memiliki energi termasuk organ tubuh manusia dan jaringannya. Apabila kondisi energi dalam keadaan bermasalah, maka akan muncul keluhan seperti penyakit fisik yang dialami penderita misalnya sakit saraf kejepit. Solusinya adalah dengan menyalurkan energi dari luar ke tubuh si penderita secara bertahap untuk mengembalikan kesehatannya.

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda tahu tentang konsep terapi energi ilahi yang membantu penyembuhan saraf kejepit Anda:

  1. Pengobatan ini tidak melakukan operasi, pembedahan, suntik dan sejenisnya.
  2. Tanpa minum obat.
  3. Proses pengobatan berupa penyaluran energi tenaga dari luar tubuh si penderita.
  4. Meditasi dilakukan untuk membantu fokus pikiran, lebih rileks dan mengembalikan kondisi emosi yang tidak stabil agar kembali normal.
  5. Proses penyaluran energi tenaga dalam dilakukan oleh seorang terapis berpengalaman.
  6. Pada prinsipnya terapi ini merupakan proses penyembuhan secara bertahap yang akan mengembalikan energi tubuh Anda kembali prima sehingga berbagai jenis penyakit fisik maupun nonfisik dapat disembuhkan.

Terapi Energi Ilahi Cocok Bagi Penderita Penyakit Saraf Terjepit

Terapi ini cocok untuk Anda yang sudah kesana kemari tak kunjung sembuh, mungkin sudah malas berobat ke dokter atau sudah bosan makan obat atau operasi saraf terjepitnya gagal ataupun memang lebih yakin melakukan penyembuhan melalui metode alternatif. Ya, memang dimaklumi jika pengobatan penyakit yang menyangkut saraf biasanya biayanya akan mahal, obat-obatnya pun mahal, operasinya pun mahal, mungkin malah tidak ditanggung BPJS. Sementara proses operasinya pun berisiko gagal. Ada banyak kasus penderita saraf kejepit yang gagal melakukan operasi akhirnya makin menderita. Jadi sangat penting Anda berpikir smart untuk melakukan penyembuhan.

Kunjungi terapi energi ilahi untuk melakukan terapi sejak sekarang. Jangan biarkan berlarut-larut sebab lama kelamaan rasa sakit di bagian saraf tersebut akan semakin parah dan dapat menyebabkan kelumpuhan.

Datang langsung ke terapis terdekat di kota Anda dan konsultasikan keluhan yang Anda rasakan. Syarat untuk melakukan terapi teknik ini adalah Anda harus yakin bahwa cara ini akan membantu Anda untuk sembuh. Yakin bahwa penyakit saraf kejepit dapat disembuhkan tanpa operasi dan tanpa makan obat. Selamat berusaha dengan berobat secara fisik. Salam Sehat.

form konsultasi terapi energi ilahi klik disini